Peraturan Permainan Paintball (Paintball Bogor)

Peraturan Permainan Paintball


Paintball Bogor - Bermain Paintball adalah salah satu kegiatan outbound alternatif yang dapat dilakukan untuk mengisi liburan anda bersama teman ataupun keluarga. Agar dapat memenangkan permainan ini, para peserta akan sangat membutuhkan kerjasama dan kekompakan yang bagus agar timnya bisa mengalahkan tim lawan. Dalam permainan paintball, bukan hanya kesenangan yang diutamakan, akan tetapi keselamatan juga. Untuk itulah sebelum bermain paintball ada baiknya kita mengetahui beberapa peraturan dasar dan pokok dalam permainan paintball.

Paintball-Bogor
Paintball Bogor

Masker (goggle)

Para peserta permainan paintball tidak diperkenankan melepas pelindung wajah (masker / goggle) pada saat berada di dalam arena paintball, entah pada saat permainan sedang berlangsung ataupun tidak. Masker / goggle adalah alat keselamatan paling utama yang harus tetap digunakan untuk melindungi peserta dari cedera serius di bagian wajah, terutama pada bagian mata.

Senjata Paintball (Paintball Marker)

Untuk alasan keamanan, setiap paintball marker biasanya dilengkapi dengan pengunci. Para peserta permainan paintball hanya diperbolehkan membuka kunci senjata paintball pada saat permainan sedang berlangsung dan menguncinya pada saat permainan tidak sedang berlangsung. Hal ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Jarak Tembak

Jarak tembak minimum dalam permainan paintbal adalah 4-5 meter. Akan sangat berbahaya jika melakukan kontak senjata ke arah lawan di dalam jarak minimum tersebut. meskipun sudah menggunakan seragam paintball, kecepatan peluru paintball yang ditembakkan dalam jarak tersebut bisa mengakibatkan peserta mendapatkan luka yang serius. Sebaiknya hindari dan jangan melakukan tembakkan ke arah lawan dalam jarak tembak minimum.

Hit

Seseorang yang telah terkena tembakan sempurna (peluru paintball pecah saat mengenai tubuh dibagian manapun) dinyatakan kalah dan tidak dapat terus mengikuti permainan tersebut. Peserta yang tertembak harus keluar dari arena paintball sambil mengangkat senjata paintballnya. Para peserta lain tidak diperbolehkan untuk terus menembaki peserta tersebut.

Membersihkan Cat (Wiping)

Peserta yang telah terkena hit tidak dibenarkan untuk melakukan wiping (membersihkan cat yang menempel pada bagian tubuh yang terkena tembakan) dengan tujuan apapun. Perbuatan ini adalah ilegal dan merupakan tindakan curang. Untuk tulah biasanya pada setiap permainnan paintball selalu diawasi oleh pengawas / wasit.

Baca juga: Paket Paintball di Bogor

Beberapa peraturan permainan paintball diatas merupakan peraturan dasar dan pokok yang harus dipatuhi karena peraturan tersebut mengutamakan keselamatan dan sportifitas (fairplay) para peserta dalam bermain paintball. Peraturan-peraturan tersebut dapat berkembang sesuai dengan skenario dan jenis permainan yang dimainkan. Peraturan Permainan Paintball (Paintball Bogor).